Mesin Pompa Booster Harga Murah

Apa itu mesin pompa booster? Dan apa sih kegunaan dari mesin pompa booster? Pompa booster merupakan sebuah alat pompa alternatif jika penggunaan mesin pompa sumur dangkal tidak mampu untuk memberikan tekanan distribusi atau tekanan output debit air yang kuat. Jadi secara mekanis nya pompa booster tidak dapat digunakan sebagai penghisap air yang berada di bawah level unit pompa. Mesin pompa booster memiliki fungsi utama, fungsi utama booster pump atau pompa air dorong adalah untuk memenuhi distribusi air pada tempat dengan jarak atau ketinggian tertentu yang secara teknis sulit di jangkau dengan maksimal jika hanya menggunakan pompa air sumur dengan spek total head yang rendah.
Mesin Pompa Booster
Mesin Pompa Booster Harganya Rp 120.000,-
Dalam kondisi tertentu, pompa air dorong (booster pump) juga dapat difungsikan sebagai penambah tekanan air dari profil tank menuju pipa pipa distribusi jika tempat yang ingin di layani cukup banyak, dan bisa kemungkinan akan bekerja secara bersamaan ketika membuka keran air. Selain itu, masalah aliran air keran yang tidak sama juga dapat disebabkan oleh instalasi pipa yang kurang tepat. Ada banyak kelebihan ketika anda menggunakan pompa dorong atau booster pump ini. Penggunaan pompa air dorong atau booster pump ini lebih menghemat listrik karena daya listrik yang dibutuhkan lebih kecil dibandingkan jika anda menggunakan pompa yang lainnya. Selain itu sistem otomatis pompa ini tidak menggunakan pressure switch, tetapi menggunakan sejenis bola magnet yang berfungsi ketika ada aliran air. Penggunaan otomatis jenis ini juga memiliki keuntungan lain, karena bila tidak ada air, pompa tidak akan bekerja. Sehingga kita terhindar dari resiko kerusakan atau terbakarnya pompa bila kita sampai lupa mengisi penampungan air.

Sekarang kita akan membahas mengenai bagaimana caranya memasang pompa booster di rumah anda. Jika Anda menghendaki tekanan air yang cukup deras ketika menggunakan kran dan shower, maka penggunaan pompa booster adalah pilihan tepat dengan daya yang cukup rendah, antara 60 watt hingga 130 watt dan harus tergantung merek dan tipe mesin pompa booster. Jenis pompa air ini menyedot air dari tangki penampungan air atau toren ke keluaran air (biasanya pada keran dan shower). Harga pompa booster memang lebih mahal dari pompa air biasanya, namun anda tidak perlu khawatir dengan keawetan dan konsumsi daya yang rendah pada pompa air booster ini, misalnya harga pompa booster wasser sekitar 750 hingga 980-an ribu rupiah. Tergantung tipe dan mereknya. Anda dapat membelinya di toko material atau toko mesin air rumah tangga. Memang mahal, namun keawetan dan kualitas dari pompa air booster ini tidak ada tandingannya. 

Cara memasang pompa air booster pada rumah anda yaitu 

  • Yang pertama adalah sebelumnya siapkan terlebih dahulu peralatan yang diperlukan khususnya untuk memasang pompa booster, seperti kunci inggris (adjustable spanner), kunci monyet/pipa 12-14 inchi, gergaji besi, meteran ukur. 
  • Yang kedua adalah selain bahan utama untuk mengalirkan air ke arah kamar mandi sperti pipa air atau pipa PVC yang telah tersambung dari toren atau wadah air (tedmond, misalnya). ada juga beberapa bahan pendukung lain yang juga penting antara lain seal tape, lem pipa PVC, sock drat dalam, ukuran keluaran disesuaikan dengan ukuran pipa PVC yang dipakai. Namun ukuran drat yang dipakai adalah sesuai dengan ukuran yang telah tersedia pada pompa air booster. 
  • Yang ketiga adalah stop keran harus telah disiapkan dan dipasang pada bagian keluaran untuk menahan air dari tedmond (toren). 
  • Yang keempat adalah perhatikan arah panah, posisi input air masuk dan output (air keluar). 
  • Yang kelima adalah anda mulai memasang pompa booster dengan memasang flow switch terlebih dahulu. Mulailah dengan membuka mesin pompa air dari box-nya, kemudian melepas sticker penutup lobang output dan input. 
  • Yang keenam adalah kencangkan flog connector pada flow switch menggunakan kunci inggris dan kunci pipa/monyet. 
  • Yang ketujuh adalah pasang flow switch ke lubang air keluar (outlet). 
  • Yang kedelapan adalah kencangkan flog ring ke lubang air keluar. Jangan lupa memasang seal pada flog connector, karena jika tidak dipasang akan menyebabkan kebocoran sehingga mengurangi tekanan air ke shower. Bentuk benda ini sperti cincin bulat yang terbuat dari karet berwarna hitam. Benda ini befungsi untuk menahan kebocoran pada setiap sambungan. Sambungkan kabel flow switch ke pompa air. 
  • Yang kesembilan adalah lakukan pengecekan kembali sebelum menyambungkan pipa output dan input. Memasang pipa output dan input, jangan dilem dulu dengan lem PVC. Lakukan pengetesan apakan terjadi kebocoran pada sambungan flog connector atau tidak, jika telah aman, maka sambungan pipa dilepas kembali dan dilem. 
  • Yang kesepuluh adalah siapkan kabel daya dan tempatkan pada posisi yang aman dari genangan air dan tumpahan air hujan. Jika mesin pompa air diletakkan di luar ruangan, lindungi pompa dengan atap atau jenis penutup lainnya. 
  • Dan yang paling terakhir atau langkah ke sebelas adalah ketika melakukan pengetesan tekan tombol on yang bergambar garis 1 secara manual, dan jika telah siap digunakan, tekan tombol on yang bergaris 2. (cara ini dilakukan untuk mesin pompa booster merek Wasser). Merek lain dapat berbeda-beda. 
Nah, demikian pembahasan pada artikel ini mengenai pompa booster dan cara menggunakan pompa booster. 
Semoga bermanfaat ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel