Teknologi Pompa Hidram

Air merupakan sarana yang penting dalam kehidupan manusia dan hewan maupun tumbuh-tumbuhan. Di samping itu juga merupakan sumber tenaga yang disediakan oleh alam sebagai pembangkit tenaga mekanis. Namun, pada kenyataannya masih ada dibeberapa wilayah di pedesaan yang masih sulit akan kebutuhan air khususnya dibidang pertanian. Sebenarnya, untuk mengatasi keadaan tersebut, pemakaian pompa air baik yang menggunakan tenaga listrik maupun menggunakan tenaga diesel telah lama dikenal oleh masyarakat desa, tetapi pada kenyataannya masih banyak masyarakat pedesaan yang belum memilikinya. Hal ini disebabkan karena kemampuan daya beli masyarakat desa masih terbatas, dan pada penggunaan suatu unit pompa yang menggunakan mesin dibutuhkan tenaga operator yang terampil. Di samping itu, alat tersebut harus mempunyai kualitas yang baik dan tersedianya suku cadang yang mudah diperoleh di pasaran bebas. Salah satu contoh pompa yang akan kita bahas pada kali ini adalah Pompa Hidram.

Pompa Hidram
Pompa Hidram memanfaatkan Energi Kinetik Air

Pompa hidram adalah pompa air yang bekerja menggunakan hentakan hidrolik air. Hidrolik merupakan satu topik dalam ilmu terapan dan keteknikan yang berurusan dengan sifat-sifat mekanis fluida, yang mempelajari perilaku aliran air secara mikro maupun makro. Mungkin sebagian orang ada yang belum paham mengenai pembahasan ini karena pembahasan ini sedikit menjerumus ke arah ilmu pengetahuan alam. Pompa ini memanfaatkan tenaga aliran air yang jatuh dari tempat suatu sumber dan sebagian dari air itu dipompakan ke tempat yang lebih tinggi. Dalam berbagai situasi, penggunaan pompa hidram juga memiliki keuntungan yang banyak jika dibandingkan menggunakan jenis pompa air lainnya, yaitu yang pertama adalah tidak membutuhkan bahan bakar atau tambahan tenaga dari sumber lain, yang kedua adalah tidak membutuhkan pelumas, yang ketiga adalah bentuknya sederhana, yang keempat adalah biaya pembuatannya serta perawatannya murah dan tidak membutuhkan keterampilan teknik yang tinggi dalam membuat pompa hidram ini. Pompa ini dapat bekerja selama dua puluh empat jam per hari. 

Dalam menggunakan pompa hidram tidak terbatas hanya pada penyediaan air untuk kebutuhan rumah tangga, namun juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan air untuk pertanian, peternakan dan perikanan. Di beberapa pedesaan di Jepang, alat ini telah banyak digunakan sebagai alat penyediaan air untuk kegiatan pertanian maupun untuk keperluan domestik. Pompa hidram memiliki prinsip kerja tersendiri. Prinsip kerja pompa ini adalah menggunakan energi kinetik dari air yang mengalir. Aliran air secara teratur melewati katup. Bagian-bagian utama yang menyusun pompa hidram ini adalah terdiri dari pipa pemasukkan (drive pipe), pipa pengeluaran atau pita pengantar (delivery valve), katup udara (air valve) dan ruang udara (air chamber).

Air mengalir dari suatu sumber atau sebuah tangki melalui pipa pemasukan dan keluar melalui katup limbah. Aliran air yang melalui katup limbah cukup cepat, maka tekanan dinamik yang merupakan gaya ke atas mendorong katup limbah sehingga tertutup secara tiba-tiba sambil menghentikan aliran air dalam pipa pemasukan. Aliran air yang terhenti mengakibatkan tekanan tinggi terjadi dalam hidram, jika tekanan cukup besar akan mengatasi tekanan dalam ruang udara pada katup pengantar dengan demikian membiarkan air mengalir ke dalam ruang udara dan seterusnya ke tangki penampungan. Aliran air inilah yang diharapkan dari pompa ini dan dapat digunakan untuk konsumsi kita sesuai dengan kebutuhannya. Aliran ini menyebabkan tekanan kembali turun dan akhirnya karena pengaruh beratnya sehingga katup tertutup kembali. Hal ini diikuti pembukaan katup buang yang juga dipengaruhi oleh beratnya, sehingga air akan mengalir kembali melalui katup ini dan begitulah seterusnya silklus akan terjadi dengan cepat. Dengan prinsipnya tersebut membuat pompa hidram ini dapat bekerja terus selama 24 jam tanpa henti. Efisiensi keseluruhan dapat diperoleh secara baik. Lebih dari 50% energi dari aliran air dapat dipindahkan ke aliran kiriman. Ada salah satu hal yang harus anda ketahui ketika anda menggunakan pompa hidram ini. Pemanfaatan pompa hidram sebagai pompa air yang hemat energi karena tidak membutuhkan energi listrik, hanya memanfaatkan energi dari air itu sendiri telah lama dilakukan sebagian masyarakat Indonesia. Hal ini karena pompa hidram ini mudah dibuat, sederhana, dan cukup murah dalam pembuatannya. Sekian pembahasan mengenai teknologi pompa hidram bagi kebutuhan masyarakat khususnya pada bidang pertanian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel