Kenali Pompa Submersible

Kenalilah pompa submersible bagi anda yang belum kenal. Apa itu pompa submersible ? Pompa submersible atau electric submersible pump (ESP) merupakan suatu perangkat yang memiliki motor tertutup rapat dekat atau digabungkan dengan badan pompa. Seluruh komponen terendam dalam air yang akan dipompa. Keuntungan yang utama dari pompa submersible adalah mencegah kavitasi pompa, masalah terkaitdengan perbedaan elavasi tinggi antara pompa dan permukaan air. Pomp ini akan mendorong air ke permukaan sebagai lawan jetpump, dan pompa ini lebih efisien. Pompa submersible atau ESP adalah pompa yang dioperasikan didalam air dan akan mengalami kerusakan jika dioperasikan dalam keadaan yang tidak ada air secara terus menerus. Jenis pompa ini memiliki tinggi air minimal yang dapat dipompa dan harus dipenuhi ketika bekerja. Pompa ini bertipe pompa sentrifugal. Pompa sentrifugal memiliki prinsip kerja yang dapat mengubah energi kinetis (kecepatan) air menjadi energi potensial (dinamis). Sistem kerja pompa ini berbeda dengan jet pump, karena pompa ini bekerja dengan mendorong air ke permukaan. 
Pompa Submersible
Harga Mesin Pompa Air Submersible Rp 1.500.000,-

Pompa submersible banyak ditemukan dan aplikasi pada bebagai kebutuhan. Pompa air satu tahap digunakan untuk drainase, limbah pompa, industry umum dan memompa bubur/lumpur. Beberapa tahap pompa submersible biasanya diturunkan lubang bor dan digunakan untuk abstraksi air, sumur air dan dalam sumur minyak. Pompa submersible juga memiliki kelebihan, yaitu biaya perawatan yang rendah, tidak bising karena berada dalam sumur, pompa ini memiliki pendingin alami karena posisinya terendam di dalam air, sistem pompa tidak menggunakan shaft penggerak yang panjang, jadi problem yang biasa terjadi pada pompa permukaan. Pompa submersible tidak memiliki spesifikasi daya hisap seperti model pompa air permukaan, pompa ini hanya memiliki kapasitas total head (meter) dan power yang diukur dengan satuan (pk) serta kapasitas debit air yang menggunakan satuan liter per detik (I / sec).

Pompa air submersible tdapat digunakan dalam produksi minyak untuk memberikan bentuk yang relative efisien, mampu beroperasi di berbagai laju aliran dan kedalaman. Dengan mengurangi tekanan di bagian bawah dengan baik, minyak secara tidak langsung lebih dapat diproduksi dari sumur jika dibandingkan dengan produksi alam. Pompa submersible sendiri merupakan unit multi-tahap dengan jumlah tahap yang ditentukan oleh kebutuhan operasi. 

Pompa air submersible kini hadir dengan ukuran diameter dari 90 mm (3,5 inci) hingga 254 mm (10 inci) dan panjangnya bervariasi antara 1 m (3 kaki) hingga 8,7 m (29 kaki). Motor yang digunakan untuk menggerakkan pompa ini biasanya fase tiga,yaitu rotor sangkar motor induksi dengan ranting daya papan nama di kW 7,5 rentang 560 kW (pada 60 Hz). Sistem ESP ini terdiri dari sejumlah komponen yang mengubah serangkaian pompa air sentrifugal untuk meningkatkan tekanan dari air dengan baik dan mendorong ke permukaan. Energy yang digunakan untuk menghidupkan pompa berasal dari sumber tegangan tinggi yang berkisar antara 3 sampai 5 kV yang digunakan untuk menggerakkan motor khusus yang dapat bekerja pada suhu tinggi sampai dengan 300 derajat F (149 derajat C) dan tinggi tekanan mencapai 5000 psi (34 MPa), dari sumur dalam hingga 12.000 kaki (3,7 km). ESPs memiliki efisiensi secara dramatis yang lebih rendah dengan fraksi yang signifikan dari gas, lebih besar dari volume 10% pada pompa. Nah, inilah pembahasan mengenai pompa submersible bagi anda yang belum mengenal pompa ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel